Pages

Selasa, 05 Februari 2013

Definisi psikologi pendidikan menurut para ahli Document Transcript


Definisi psikologi pendidikan menurut para ahli Definisi psikologi pendidikan menurut para ahli Document Transcript

  • Definisi Psikologi Pendidikan Menurut ParaAhliPosted on October 31, 2010 by Evanh CassanovaAdvertisements 1. Pengertian PsikologiSecara harafiah (Syah, 1997 / hal. 7) Berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata yaitu: psyche dan logos. Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu. Jadi, psikologi berarti ilmu jiwa.William James (Syah, 1997/ hal. menganggap psikologi sebagai ilmu pengetahuan tentangkehidupan mental. John B. Watson (Syah, 1997 / hal.8) mengubah definisi psikologi menurutJames menjadi ilmu pengetahuan tentang tingkah laku (behaviour) organisme.Caplin (Syah, 1997 / hal. mendefinisikan psikologi sebagai “….. the science of human andanimal behavior, the study of of the organisme in all its variety and complexity as it responds tothe flux and flow of the physical and social events which make up the environment” (Psikologiadalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadaporganisme dalam segala ragam dan kerumitannya ketika mereaksi arus dan perubahanlingkungan). Edwin G. Boring dan Herbert S. Langfeld (Sarwono dalam Syah, 1997 / hal.8)mendefinisikan psikologi sebagai studi tentang hakikat manusia.Poerbakawatja dan Harahap (Syah, 1997 / hal.8) membatasi psiklogi sebagai “cabang ilmupengetahuan yang mengadakan penyelidikan aas gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa”.Dimana gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa tersebut meliputi respon organisme danhubungannya dengan lingkungannya. Syah (1997 / hal.9) membuat kesimpulan tentangpengertian psikologi dari beberapa definisi di atas, dimana psikologi adalah ilmu pengetahuanyang menyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selakuindividu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Lingkungan dalam hal inimeliputi semua orang, barang, keadaan dan kejadian yang ada di sekitar manusia.2. Pengertian PendidikanMenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Syah, 1997 / hal.10) Pendidikan berasal dari kata“didik”, yang mendapat awal me sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberilatihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, danpimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan ialah proses pengubahan sikap
  • dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melaluiupaya pengajaran dan pelatihanMenurut McLeod (Syah, 1997 / hal. 10) Dalam bahasa Inggris, education (pendidikan) berasaldari kata educate (mendidikan) artinya memberi peningkatan (to elicit, to give rise to), danmengembangkan (to evolve, to develop). Dalam pengertian yang sempit, education ataupendidikan berarti perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuanTardif (Syah, 1997 / hal. 10) Secara luas, pendidikan adalah proses dengan metode-metodetertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yangsesuai dengan kebutuhan. Secara luas dan representatif, pendidikan ialah …..the total process ofdeveloping human abilities and behaviors, drawing on almost all life’s experience (seluruhtahapan pengembangan kemampuan-kemampuan dan perilaku-perilaku manusia dan juga prosespenggunaan hampir seluruh pengalaman kehidupan)Menurut Dictionary of Psychology (Syah, 1997 / hal. 11) Pendidikan diartikan sebagai ….. theinstitutional procedures which are employed in accomplishing the development of knowledge,habits, attitudes etc. Usually the term is applied to formal institution. Jadi pendidikan berartitahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah, madrasah) yang dipergunakanuntuk menyempurnakan perkembangan individu dalam menguasai pengetahuan, kebiasaan, sikapdan sebagainya. Pendidikan dapat berlangsung secara informal dan nonformal disamping secaraformal seperti sekolah, madrasah dan institusi-institusi lainnya. Bahkan menurut definisi di atas,pendidikan juga dapat berlangsung dengan cara mengajar diri sendiri (self-instruction)Poerbakawatja dan Harahap (Syah, 1997 / hal. 11). Pendidikan adalah usaha secara sengaja dariorang dewasa untuk dengan pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selaludiartikan mampu menimbulkan tanggung jawab moril dari segala perbuatannya.3. Pengertian Psikologi PendidikanArthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12) Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmupsikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-halsebagai berikut :a. Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelasb. Pengembangan dan pembaharuan kurikulumc. Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuand. Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranahkognitife. Penyenggaraan pendidikan keguruanBarlow (Syah, 1997 / hal. 12) Psikologi pendidikan adalah …… a body of knowledge groundedin psychological research which provides a repertoire of resource to aid you in functioning moreeffectively in teaching learning process. Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuanberdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantuanda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam proses belajar mengajar secara efektif.
  • Tardif (Syah, 1997 / hal. 13) Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungandengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13) Psikologi pendidikan sebagai “ A systematicstudy of process and factors involved in the education of human being. Psikologi pendidikanadalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan denganpendidikan manusia.Pengertian Psikologi PendidikanDiposkan oleh Awax Badan • 09:41 • Label: jurnal pendidikan, psikologiPengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli - Berikut ini adalah beberapa pengertian psikologipendidikan yang disampaikan oleh beberapa tokoh pendidikan dunia:Arthur S. Reber (Syah, 1997 / hal. 12)Definisi Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori danmasalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut : Penerapan prinsip-prinsip belajar dalam kelas Pengembangan dan pembaharuan kurikulum Ujian dan evaluasi bakat dan kemampuan Sosialisasi proses-proses dan interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif Penyenggaraan pendidikan keguruan
  • Menurut Muhibbin Syah, Definisi psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin psikologi yang terjadidalam dunia pendidikan.Barlow (Syah, 1997 / hal. 12)Definisi Psikologi pendidikan adalah ...... a body of knowledge grounded in psychological research whichprovides a repertoire of resource to aid you in functioning more effectively in teaching learning process.Psikologi pendidikan adalah sebuah pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakanserangkaian sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalamproses belajar mengajar secara efektif.Tardif (Syah, 1997 / hal. 13)Definisi Psikologi pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapanpengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.Witherington (Buchori dalam Syah, 1997 / hal. 13)Psikologi pendidikan sebagai “ A systematic study of process and factors involved in the education ofhuman being.Psikologi pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungandengan pendidikan manusia.Ensiklopedia amerika, psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebihberprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan-penemuan dan menerapkan prisip-prinsip dan cara untuk meningkatkan keefesien dalam pendidikan.wikipedia malaysiaPengertian Psikologi pendidikan ialah kajian tentang bagaimana manusia belajar dalam latarpendidikan, keberkesanan campur tangan pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial sekolahsebagai pertubuhan. Walaupun istilah "psikologi pendidikan" dan "psikologi sekolah" sering digunakansebagai sinonim untuk satu sama lain, para penyelidik dan ahli teori cenderung dikenali sebagai ahlipsikologi pendidikan, manakala pengajar di sekolah atau dalam keadaan yang masih berkaitan dengansekolah dikenali sebagai ahli psikologi sekolah. Psikologi pendidikan melibatkan diri tentang bagaimanapelajar belajar dan berkembang, seringnya dengan menumpukan subkumpulan seperti kanak-kanakbergeliga dan mereka yang kehilangan upaya.
  • Sebahagian psikologi pendidikan dapat difahami menerusi hubungannya dengan disiplin-disiplin yanglain, khususnya bidang psikologi. Ia memiliki hubungan dengan disiplin psikologi yang seolah-olahhubungan antara perubatan dengan biologi, atau kejuruteraan dengan fizik. Psikologi pendidikan pulamenjelaskan berbagai-bagai bidang dalam kajian pendidikan, termasuk reka bentuk pengajaran,teknologi pendidikan, perkembangan kurikulum, pembelajaran organisasi, pendidikan khas, danpengurusan bilik darjah. Psikologi pendidikan meminjam daripada bidang sains kognitif dan sainspembelajaran, serta dan menyumbang kepadanya. Di universiti, jabatan psikologi pendidikan biasanyaterletak di bawah fakulti pendidikan dan disebabkan ini, mungkin mengakibatkan kekurangankandungan psikologi pendidikan dalam buku teks pengenalan psikologi.(Borich & Tombari, 1997)Pengertian Psikologi pendidikan ialah satu disiplin yang memfokuskan kajiannya kepada pengetahuanteoretikal dan pengetahuan empirikal mengenai pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah(Whiterington, 1982:10)Pengertian Psikologi pendidikan adalah studi yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yangberhubungan dengan pendidikan. Sedangkan pendidikan adalah proses pertumbuhan yang berlangsungmelalui tindakan-tindakan belajar. Dari batasan di atas terlihat adanya kaitan yang sangat kuat antarapsikologi pendidikan dengan tindakan belajar. Karena itu, tidak mengherankan apabila beberapa ahlipsikologi pendidikan menyebutkan bahwa lapangan utama studi psikologi pendidikan adalah soalbelajar. Dengan kata lain, psikologi pendidikan memusatkan perhatian pada persoalan-persoalan yangberkenaan dengan proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan belajar.Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat padasubjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik.Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya,dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnyatindakan-tindakan belajar secara efektif.(Banks & Thompson, 1995)Pengertian Psikologi pendidikan adalah Kajian tentang perlakuan atau tingkah laku manusia dalamproses pengajaran dan pembelajaran dalam bilik darjah.
  • Itulah tadi Jurnal Pendidikan tentang Pengertian Psikologi Pendidikan Menurut Para Ahli. semogabermanfaat...

1 komentar: