Mangganti Tampilan Blog


Dua hari yang lalu (Rabu, 21 April 2010) saya mendapat pesan melalui e-mail dari en.wordpress.com yang bunyinya pemberitahuan bahwa wordpress.com saat ini telah meluncurkan tema baru yang bisa digunakan secara bebas oleh para pelanggan wordpress.com.Tanpa pikir panjang saya langsung menuju TKP dan ternyata benar di sana saya mendapatkan informasi bahwa wordpress.com telah meluncurkan tema baru yang diberi nama “INFLUENCE”. Di TKP saya mendapatkan informasi bahwa tema ini merupakan tema yang tergolong ringan (light theme) dengan feature yang multi opsi. Sebuah tema yang saya idam-idamkan.
Setelah mempelajari dan merenungkan berbagai kemungkinan, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti tema blog ini dengan tema yang baru ini. Sebelumnya saya menggunakan tema “INove”, yang dirasakan masih ada yang kurang pas, khususnya dalam penulisan numbering.
Kuputusan merubah tema ini, sekaligus saya jadikan sebagai momentum perayaan tahun ketiga kehadiran blog ini yang jatuh pada tanggal 14 April 2010 yang lalu. Bersamaan dengan perubahan tema ini, saya pun merubah titel blog ini, yang semula bernama “LET’S TALK ABOUT EDUCATION” menjadi “ALL ABOUT EDUCATION“.
Kehadiran “LET’S TALK ABOUT EDUCATION” pada waktu itu lebih didorong oleh keinginan untuk menyuarakan pentingnya pendidikan bagi setiap orang, tetapi mungkin seiring dengan bergulirnya waktu dan perjalanan pemikiran saya, tampaknya tidak cuku[ sekedar menyuarakan pentingnya pendidikan tetapi juga diperlukan tindakan nyata untuk pendidikan.
Walk The Talk and Talk The Walk, kira-kira seperti itulah filosofi dan alasan yang mendasari perubahan ini. Mudah-mudahan hal ini bisa ter-cover dalam satu kalimat “ALL ABOUT EDUCATION“.
Meski telah berubah nama, tetapi semangat dan filosofi yang diusung blog ini masih tetap sama yaitu menjalin komunikasi dan mengekspresikan diri tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dengan tujuan utamanya berupaya menjaga diri saya sendiri agar dapat terus belajar.
Hal teknis lainnya yang berubah dari blog ini adalah “About Me” berganti nama menjadi “Admin”, dengan asumsi bahwa ke depannya saya cenderung ingin memposisikan diri sebagai administrator, yang akan berusaha memfasilitasi pembelajaran para pengunjung. Penggunaan istilah “About Me” dirasakan terlalu berat bagi saya karena sering dipersepsi dan diposisikan seolah-olah saya sebagai seorang ahli, padahal sesungguhnya saya pun sama-sama sedang belajar melalui blog ini.
Yang sudah lebih dulu berubah yaitu penggunaan avatar, semula avatar sekaligus juga icon blog ini menggunakan photo kedua puteri saya. Namun dengan pertimbangan, bahwa kedua puteri saya saat ini sedang menginjak remaja, tampaknya saya pun harus belajar “melepaskan” mereka agar dapat menjadi dirinya sendiri. Kendati demikian blog ini tetap saya dedikasikan kepada mereka berdua dan juga pendidikan.
Sebagai kilas balik ke belakang, ada sebuah pertanyaan yang menggoda, dalam kurun waktu tiga tahun ini, apa sebenarnya yang telah dicapai oleh LET’S TALK ABOUT EDUCATION? Terus terang, sebagai pengelola blog ini, saya merasa amat bersyukur bahwa dari sisi pengunjung, blog ini boleh dikatakan tidak terlalu sepi, walaupun pada awal-awal kelahirannya tak ubahnya seperti hutan belantara yang jarang dijamah manusia. (Lihat tabel di bawah).
Sementara dari segi komentar, tampaknya harus diakui kalau blog ini masih dianggap sebagai blog yang tergolong miskin komentar. Padahal, menurut hemat saya di sanalah inti kekuatan yang sebenarnya dari sebuah blog. Ada interaksi, ada dialog, dan ada saling belajar, baik antara pengunjung dengan pengunjung, maupun pengunjung dengan pengelola blog.
Saya tidak begitu paham, apakah dikarenakan konten blog yang kurang menarik ataukah ada faktor lain yang menyebabkan pengunjung enggan berkomentar. Barangkali ada diantara Anda yang dapat memberikan masukkan agar blog ini benar-benar dapat hadir menjadi blog pembelajaran (learning log) yang dapat saling mencerdaskan diantara kita.
Akhirnya, saya sampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para pengunjung yang selama ini telah meramaikan dan berinteraksi di blog ini. Dengan segala kerendahan hati, di tahun ketiga ini, saya persembahkan “ALL ABOUT EDUCATION” kepada Anda dan Pendidikan. Semoga bermanfaat dan majulah pendidikan Indonesia!
=================================